Hi Ladies! Inilah 6 Mitos Kanker Payudara Yang Patut Anda Ketahui Dan Waspadai

Hi Ladies! Inilah 6 Mitos Kanker Payudara Yang Patut Anda Ketahui Dan Waspadai

Salah satu jenis kanker yang sering diidap oleh para wanita adalah kanker payudara. Hasil dari salah satu penelitian menyebutkan bahwa satu dari delapan perempuan yang hidup dan berusia sampai 85 tahun merupakan penderita kanker payudara. Kanker payudara dapat disembuhkan jika penyakit ini segera diketahui sejak dini, apalagi dengan perkembangan ilmu medis dan teknologi saat ini. Masih banyak kesalahpahaman dan mitos kanker payudara yang sering terjadi. Apa saja?

Banyak mitos kanker payudara yang beredar dan umumnya disalahartikan dan hal ini membuat para wanita merasa tidak nyaman, diantaranya:

1. Benjolan pada payudara sudah pasti kanker

Sampai saat ini belum ada penelitian secara ilmiah yang memberikan penjelasan kalau benjolan yang kadang-kadang muncul di payudara dapat berubah menjadi kanker. Yang pasti, hampir 80 persen benjolan yang ada di payudara wanita disebabkan oleh adanya perubahan nonkanker di dalam jaringan payudara, kista dan atau kondisi lainnya.

Oleh sebab, jika Anda menemuan benjolan atau merasakan adanya perubahan pada payudara Anda, jangan abaikan. Segera konsultasikan ke dokter.

BACA JUGA: Ikuti 5 Langkah Tepat Ini Untuk Mendapatkan Payudara Yang Sehat

2. Hanya perempuan yang bisa terkena kanker payudara

Mitos kanker payudara yang sering dipercaya adalah hanya perempuan yang bisa menjadi penderita. Padahal, setiap tahun lebih dari 2.000 pria didiagnosa menderita kanker payudara dan 410 diantaranya tidak dapat diselamatkan.

Walaupun jumlahnya tampak kecil, namun angka kematian yang tinggi yang disebabkan oleh kanker payudara pada pria terjadi sebab masih rendahnya kesadaran bahwa benjolan yang ada di sekitar payudara dapat berupa kanker.

3. Mammogram membantu penyebaran kanker payudara

Mammogram menghasilkan radiasi yang dapat menyebabkan penyebaran sel kanker. Namun Anda harus mengetahui kalau fungsi dari mammogram jauh lebih penting dibandingkan dengan mitos tentang penyebaran sel kanker. Benjolan pada payudara dapat dideteksi sejak dini dengan mammogram.

Seperti yang direkomendasikan oleh The American Cancer Society wanita yang telah berusia 40 tahun paling tidak melakukan pemeriksaan mammogram satu kali dalam setahun.

Produk Hot & Web Premium Semua Iso Hanya 375ribu

4. Kanker payudara merupakan penyakit keturunan

Mitos ini sering terjadi, kalau ibu Anda mempunyai riwayat kanker payudara maka keturunannya juga memiliki potensi akan terkena penyakit ini. Padalah mitos kanker payudara ini tidak benar sebab secara statistik hanya sekitar 10 persen pasien yang menderita kanker payudara yang keluarganya memiliki riwayat kanker payudara.

BACA JUGA: Apa Saja Yang Termasuk Di Daftar Tujuh Jenis Makanan Yang Dapat Membantu Melawan Kanker Payudara

5. Deodoran bisa menyebabkan kanker payudara

Tidak ada bukti yang menghubungkan penggunaan deodoran dengan kanker payudara, hal ini seperti yang dinyatakan oleh para peneliti dari National Cancer Institute (NCI).

6. Payudara besar lebih mungkin terkena kanker

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa tidak ada hubungan antara ukuran payudara dengan risiko terkena kanker payudara. Walaupun demikian, untuk para wanita terlepas dari ukuran payudaranya harus memiliki komitmen untuk melakukan pemeriksaan secara rutin agar dapat mendeteksi kemungkinan kanker sejak dini dan dapat ditangani dengan cepat.

Bosan Jadi Karyawan? Ikuti Suasana Baru Di Kursus Internet Marketing SB1M Community

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *