Bacalah Obesitas Di Usia 20an Dapat Memicu Penyakit Liver

Bacalah Obesitas Di Usia 20an Dapat Memicu Penyakit Liver

Anda harus berhati-hati terhadapa obesitas. Karena hasil studi jangka panjang dari Swedia ditemukan bahwa obesitas di usia 20an dapat memicu penyakit liver di tahun mendatang.

Studi jangka panjang untuk meneliti hubungan adanya obesitas di usia 20an dengan penyakit liver ini melibatkan sekitar 44.000 pria dimana para pria ini adalah mereka-mereka yang pernah mengikuti layanan wajib militer pada tahun 1969 dan 1970. Pemeriksaan yang dilakukan oleh para peneliti meliputi pemeriksaan fisik lengkap dan melakukan pelacakan kembali kesehatan para responden sampai tahun 2009.

Hasilnya adalah ditemukan bahwa responden yang telah mengalami obesitas pada masa remaja mereka, 64 persen lebih akan mengalami penyakit atau gangguan liver serius dalam kurun waktu 20 hingga 40 tahun ke depan, jika dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang memiliki berat badan normal.

Pemimpin studi, Dr Hannes Hagstrom dari usat Penyakit Pencernaan di Karolinska Institute Stockholm, Swedia mengatakan bahwa ada kemungkinan besar para responden yang diteliti sudah memiliki penyakit atau gejala liver NAFLD pada awal penelitian atau selama penelitian berlangsung.

Mau kurus dengan cara yang sehat? Ikuti caranya di website ini: Inilah 7 Cara Menguruskan Badan Dengan Pola Hidup Yang Sehat, Cepat Dan Tanpa Menyakitkan

Akan tetapi para responden yang telah mengalami obesitas saat remaja memiliki faktor risiko lebih besar dalam mengembangkan penyakit liver tersebut,

Disamping obsesitas di usia 20an maka orang yang memiliki risiko tertinggi untuk penyakit liver lainnya ialah, peminum alkohol lebih dari 3,5 botol ukuran sedang per minggu.

Hal yang baru dari penelitian ini adalah bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dikaitkan dengan penyakit liver.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *