Gawat!!! Akibat Adanya Patahan Baru, Maka Sumut Akan Mengalami Gempa Dahsyat 5 – 9 SR Di Akhir 2017

Gawat!!! Akibat Adanya Patahan Baru, Maka Sumut Akan Mengalami Gempa Dahsyat 5 - 9 SR Di Akhir 2017

Pada Jumat (10/2/2017) dinihari, kota Medan diguncang gempa bumi dengan kekuatan 4.5 SR yang berpusat di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dengan kedalaman berada di 10 km di bawah permukaan laut. Dan sejak 19 Januari 2017 maka sudah terjadi 209 kali gempa di kawasan Deli Serdang. Apakah Sumut akan mengalami gempa dahsyat?

Sehubungan dengan terjadinya 209 kali gempa di kawasan Deliserdang tersebut maka para pakar terlah melakukan penelitian dan hasilnya diungkap dalam rapat tertutupm di Kantor Gubernur Sumatera Utara pada pertengahan Februari 2017 lalu.

Di dalam rapat tersebut hadir tim pakar dari Pusat, Gubernur Sumut dan beberapa kepala daerah di Sumut serta anggota DPD RI. Hasil rapat menyebutkan bahwa diprediksi bakal ada gempa dahsyat atau besar enam bulan ke depan sekitar pada 8-9 Agustus 2017.

BACA JUGA: Video Menyeramkan!!! Di Hidung Bocah Ini Ditemukan Seekor Lintah Yang Sudah Bersarang Di Sana Selama Sebulan

Kekuatan gempa ini diperkirakan antara 5 sampai 9 Skala Richter (SR). Kota yang diperkirakan paling akan mengalami dampak terberat adalah kota Medan.

Untuk menghindari gejolak di masyarakat maka prediksi tersebut sengaja dirahasikan. Di dalam pertemuan itu hadir juga BMKG dan Badan Vulkanologi. BMKG meneliti gempa tektonik, sedangkan Badan Vulkanologi meneliti gempa vulkanik.

Menurut hasil penelitian BMKG disebutkan telah mendeteksi telah terjadi pergerakan tanah, sehingga timbul patahan baru (sesar) yang pergerakannya tidak dapat diprediksi.

Live Webinar SB1M Seumur Hidup

Patahan baru ini disebut patahan Tanjung Pura-Tanjung Morawa. Pergerakan patahan ini berpotensi mengarah ke Danau Toba sehingga dikhawatirkan terjadi gempa vulkanik yang cukup dahsyat.

Mengenai kekuatan gempa dahsyat hingga 9 SR yang mungkin terjadi di kota Medan pada 16 November 2017, sudah pernah diprediksi oleh orang Brazil. Dia sudah mengirim surat kepada Presiden Jokowi agar bersiap-siap menghadapinya.

Sementara itu, menanggapi isu yang telah beredar di tengah masyarakat tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I membantah bahwa Sumatera Utara akan dilanda gempa dengan kekuatan 9 SR pada enam bulan ke depan atau Agustus 2017.

”Maaf, berita itu tidak benar dan hoax,” tegas Kepala BBMKG Wilayah I, Thomas Edison Kurniawan kepada wartawan.

BACA JUGA: ((( WOW ))) Dokter Di Tiongkok Berhasil Menumbuhkan Telinga Baru Di Lengan Manusia

Menurut Thomas Edison, dari hasil tim yang telah diturunkan ke titik gempa di wilayah Kabupaten Deliserang pada pertengahan Januari lalu, mendeteksi betul bahwa gempa susulan masih terjadi di wilayah sekitar Deli Serdang namun dengan intensitas yang sudah menurun.

Thomas Edison menghimbau agar masyarakat kota Medan dan Sumut agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan BMKG.

Apakah gempa dahsyat dengan skala 5 – 9 SR akan terjadi di Deli Serdang, Sumut? Waktu yang akan menjawab.




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort