Fitur Baru Dari Facebook Yaitu Pasar Online Marketplace Segera Diluncurkan Di iOS dan Android

Fitur Baru Dari Facebook Yaitu Pasar Online Marketplace Segera Diluncurkan Di iOS dan Android

Facebook adalah media sosial dimana orang terhubung satu sama lain. Dan dalam beberapa tahun terakhir lebih banyak orang telah menggunakan Facebook untuk terhubung dengan cara lain yaitu melalui aktivitas jual dan beli.

Kegiatan jual beli ini ini dimulai pada Facebook Groups dan telah mengalami pertumbuhan secara luar biasa. Hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 450 juta orang yang melakukan kegiatan jual beli di Facebook Group setiap bulannya.

BACA JUGA: Edward Snowden: Jangan Gunakan Google Allo Berbahaya Bagi Privasi Pengguna

Untuk membantu orang-orang tersebut terhubung lebih baik lagi, maka Facebook meluncurkan fitur baru bernama Marketplace di aplikasi mobile-nya. Sesuai nama tersebut, ini merupakan sebuah pasar online yang mewadahi berbagai kegiatan jual beli penggunanya. Seperti yang dikatakan oleh Director of Product Management Facebook, Mary Ku, bahwa Marketplace dibuat karena banyaknya aktivitas jual beli dalam jejaring sosial tersebut.

“Agar orang bisa mendapatkan manfaat lebih banyak dari koneksinya, hari ini kami memperkenalkan Marketplace, wadah untuk berjualan atau membeli barang tertentu dari berbagai orang di komunitas Anda,” kata Mary.

Facebook meletakkan Marketplace dalam aplikasi mobile-nya di iOS dan Android. Bentuknya berupa ikon toko yang berada di bagian bawah aplikasi.

Saat membuka Marketplace, pengguna akan mendapatkan rangkaian foto barang dagangan yang lokasinya paling dekat. Bila ingin membeli barang tersebut, pengguna bisa masuk ke kolom obrolan untuk bercakap-cakap dulu dengan sang penjual.

Namun harus dingat bahawa Facebook hanya menyediakan tempat dan tidak memberikan fasilitas pembayaran atau pengiriman barang. Artinya pengguna harus mengatur pembayaran dan pengiriman sesuai kesepakatan dengan penjual, tanpa jaminan keamanan dari perantara.

Cara menjual produk di Marketplace sangat gampang dan sederhana, hanya perlu beberapa langkah, yaitu: 

  • Mengambil foto dari item Anda, atau menambahkannya dari kamera roll
  • Masukkan nama produk, deskripsi dan harga
  • Konfirmasi lokasi Anda dan pilih kategori
  • Posting

Facebook akan meluncurkan aplikasi ini untuk para pengguna di iOS atau Android yang sudah berusia lebih dari 18 tahun.  Dan untuk saat ini baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Selandia Baru.

BACA JUGA: Allo Aplikasi Percakapan Instan Resmi Diluncurkan Google. Apa Saja Kelebihannya?

Untuk pengguna di negara lain harus sabar menunggu. Selain untuk versi mobile, maka Marketplace juga akan segera dirilis untuk versi desktop dalam beberapa waktu mendatang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort