Fakta atau Mitos: Apakah Menempelkan Tisu Di Dudukan Kloset Dapat Mencegah Bakteri?

Fakta atau Mitos: Apakah Menempelkan Tisu Di Dudukan Kloset Dapat Mencegah Bakteri?

Kebanyakan orang, demi alasan kesehatan maka pada saat akan menggunakan toilet duduk di toilet umum akan menempelkan tisu di dudukan kloset sebelum menggunakannya. Apakah Anda termasuk salah satunya? Apakah hal tersebut termasuk fakta atau hanya sekedar mitos?

Tidak sedikit wanita melakukan hal ini untuk mencegah kuman atau bakteri menempel di kulit organ reproduksi. Tapi tunggu, para ahli ternyata mengatakan kita tak perlu menempelkan kertas tisu di dudukan kloset. Hmm…kenapa ya?

Dikutip dari Boldsky, Kamis (20/4/2014), ada beberapa alasan yang membuat para ahli beranggapan demikian yaitu antara lain:

1. Dudukan toilet sudah dirancang anti kuman

Tahukah Anda, toilet duduk telah dirancang sedemikian rupa untuk mengusir kuman. Itu sebabnya, bila Anda amati kursinya itu berbentuk melengkung bulat dengan tekstur yang halus. Itu untuk mencegah kuman tinggal di sana.

2. Sebagian besar kuman di toilet tak dapat berkembang biak

Sebagian besar kuman di dalam toilet mungkin tidak dapat berkembang biak atau hanya menempel pada kulit Anda. Jadi tetap menjaga kebersihan setelah buang air kecil atau besar.

3. Kita tidak akan langsung sakit saat menggunakan toilet kotor

Manusia tidak akan langsung sakit setelah menggunakan toilet. Namun jika yang Anda gunakan toilet umum yang terlalu kotor, sebaiknya hindari menggunakannya. Bahkan tisu saja tidak bisa menyelamatkan Anda dari kuman.

4. Kulit itu pelindung

Ya, kulit merupakan penghalang pertama yang bertindak langsung menyangkal banyak kuman.




5. Ada tempat lain yang lebih banyak kuman

Meskipun kita menganggap toilet sebagai tempat paling banyak kuman bersarang, studi justru menjelaskan wastafel dapur dan spons yang Anda gunakan untuk mencuci peralatan dapur memiliki lebih banyak kuman. Begitu pun dengan dispenser, gagang pintu, dan pengering tangan.

6. Permukaan tisu toilet beda

Permukaan tisu toilet bisa memungkinkan bakteri untuk tinggal. Itulah mengapa Anda tidak harus menggunakannya untuk menyeka wajah Anda, hidung, atau bagian lain karena kuman bisa masuk ke tubuh Anda.

7. Cuci tangan paling penting

Untuk menghindari kuman, mencuci tangan dengan air hangat dan sabun dan gosok selama setengah menit jauh lebih penting.

8. Lebih baik gunakan toilet jongkok

Alasan lain kenapa kita tidak perlu tisu di dudukan kloset karena sebaiknya kita disarankan untuk jongkok saat membuang air kecil dan besar. Hal ini akan membuat bagian tubuh tidak bersentuhan dengan dudukan toilet. Jadi pilihlah toilet jongkok dibandingkan toilet duduk saat berada di tempat umum.

BACA JUGA:

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *