Cara Paling Aman Untuk Meningkatkan Kinerja Otak. Konsumsi Kayu Manis

Cara Paling Aman Untuk Meningkatkan Kinerja Otak. Konsumsi Kayu Manis

Ilmuwan di Rush University Medical Center menyebutkan bahwa ada cara yang paling aman untuk meningkatkan kinerja otak. Cara tersebut adalah melalui konsumsi kayu manis. Cara ini selain aman juga menyenangkan.

Menurut para peneliti di Rush University Medical Center, kayu manis bisa meningkatkan kinerja otak dan mempertajam memori.

Kesimpulan tersebut didapatkan oleh para peneliti dari hasil penelitian terhadap tikus. Tikus-tikus ini diletakkan di dalam labirin, dan sebelum diberi kayu manis maka tikus-tikus tersebut selalu tersesat. Tapi setelah konsumsi kayu manis, maka tikus-tikus ini dapat menemukan jalur yang tepat dalam waktu singkat. Tikus yang diberi kayu manis diketahui punya fungsi otak yang jauh lebih baik dibanding yang tidak.

Baca Juga: Manakah Yang Benar, Makan Buah Itu Sebelum Atau Sesudah Makan?

Hasil dari studi yang dilakukan sebelumnya menemukan bahwa orang-orang yang memiliki memori lambat maka jumlah kadar protein CREB nya rendah. Di dalam otak, protein CREB memiliki tanggung jawab untuk ketajaman memori dan kemampuan belajar. Dan sebaliknya, orang-orang dengan memori lambat mempunyai jenis protein GABRA5 yang lebih tinggi di otak besar.

Menurut Ketua Peneliti Kalipada Pahan, setelah konsumsi kayu manis selama satu bulan, maka ditemukan kandungan CREB yang lebih tinggi pada tikus dan jumlah GABRA5 yang lebih rendah.

Hal ini bisa terjadi karena secara kimiawi, tubuh mengubah kayu manis menjadi sodium benzoate, yang meningkatkan kesehatan sel saraf. 

Inilah yang terjadi pada tikus-tikus penelitian yang diberi kayu manis. Setelah menerima terapi kayu manis, maka tikus dapat menemukan jalur labirin jauh lebih cepat, bahkan saat pintu keluar diubah setiap kali.

Tapi, tikus yang sejak awal punya kandungan CREB lebih tinggi di otak, tidak menunjukkan perubahan signifikan dengan terapi kayu manis.

Dengan hasil keberhasilan pada tikus di penelitian ini maka diharapkan saat diterapkan atau ditranslasikan ke manusia – utamanya para pelajar – maka diharapkan dapat meningkatkan performa pembelajaran.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *