Bagaimana Cara Sederhana Mengatasi Sembelit Saat BAB? Salah Satunya….

Cara Sederhana Mengatasi Sembelit Saat BAB

Apakah Anda mengalami sembelit saat BAB? Gangguan BAB (Buang Air Besar) sering menyebabkan rasa tidak nyaman. Tidak hanya itu jika terlalu sering mengalami gangguan BAB dapat meracuni tubuh Anda dan dapat membuat Anda sakit. Lalu bagaimana cara sederhana mengatasi sembelit saat BAB?

Parameter BAB yang sehat tidak hanya melulu pada jumlah atau frekuensi BAB per hari namun juga dilihat dari bentuk feses yang Anda keluarkan. Umumnya, ukuran BAB yang normal adalah tiga kali sehari.

Jika ditilik dari bentuk feses, maka bentuk feses yang sehat adalah solid dan gampang dikeluarkan. Artinya saat BAB Anda tidak mengalami sembelit atau konstipasi. Namun, kadangkala Anda pasti pernah mengalami konstipasi seperti yang banyak dialami oleh orang dengan entah karena beberapa sebab. Pastinya, setiap orang pernah mengalami sembelit atau kesulitan saat BAB sebanyak beberapa kali sepanjang fase hidupnya.

BACA JUGA: Anda Penderita GERD? Inilah 5 Tips Yang Sebaiknya Anda Lakukan Supaya Asam Lambung Tidak Naik

Jika Anda pernah mengalami konstipasi, maka berikut ini ada beberapa cara sederhana mengatasi sembelit saat BAB, diantaranya:

1. Obat laksatif ringan

Biasanya jika ada pasien yang datang ke dokter dengan keluhan konstipasi, maka dokter biasanya akan memberikan obat laksatif osmotik ringan. Obat jenis ini dapat Anda dapatkan atau beli secara bebas di apotek. 

Obat ini bekerja dengan cara mendorong air dari bagian tubuh lain masuk ke usus besar sehingga kotoran menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Hindari obat laksatif yang memiliki sifat stimulan sebab dapat melukai dinding dalam usus besar dan dalam setelah beberapa saat dapat menyebabkan usus besar tidak responsif. Sebaiknya tidak menggunakan obat laksatif dalam jangka panjang tanpa konsultasi dengan dokter. 

2. Lebih banyak serat tapi tidak dengan segera

Tentunya Anda sudah pernah atau sering mendengar dan membaca kalau seseorang mengalami kesulitan saat buang air besar maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat. Hal itu benar, namun tidak semudah itu. Tapi tidak semudah itu. Serat membantu meregulasi gerakan usus dengan menyerap air untuk membentuk kotoran. Tapi, jika kotoran atau feses tidak terbentuk dengan baik, mengkonsumsi serat dengan segera malah akan memperburuk situasi.

Oleh sebab itu, solusi terbaik adalah Anda harus makan makanan yang berserat setiap hari, bukan hanya saat konstipasi.

3. Lakukan olahraga lebih banyak

Latihan aerobik akan meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, yang berguna untuk menstimuasi kontraksi otot di seluruh tubuh, termasuk di usus besar. Jadi, luangkan waktu rutin untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari akan sangat membantu pergerakan usus.

BACA JUGA: Hati-Hati !!! Sering Menahan Pipis Setelah Melakukan Hubungan Seks Sangat Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih

4. Minum cukup air putih

Kalau massa feses Anda keras dan kering, maka konstipasi akan terjadi. Penyebab utamanya adalah dehidrasi. Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup terhidrasi atau belum adalah dengan melihat warna air seni Anda. Kalau air seni Anda berwarna pekat, maka Anda harus lebih banyak minum air putih.

5. Berjongkok

Ya, cara sederhana mengatasi sembelit saat BAB berikutnya adalah dengan berjongkok. Dengan posisi berjongkok akan lebih gampang untuk mengeluarkan feses. Apalagi bagi Anda yang memiliki gangguan defekasi (konstipasi yang disebabkan lemahnya otot dasar panggul). Sudut antara tulang paha dan pelvis akan diperkecil saat berjongkok, sehingga Anda memiliki tenaga saat mendorong feses keluar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort