Bagaimana Cara Scan Dokumen Dengan Menggunakan Google Drive Di Smartphone Android

Anda menggunakan smartphone Android? Dan Anda sedang membutuhkan alat scanner untuk scan dokumen yang diperlukan baik itu untuk kepentingan bisnis, kuliah atau yang lain? Apakah Anda mengetahui bahwa Anda dapat menggunakan aplikasi Google Drive untuk scan dokumen tersebut?

Selain sebagai alat komunikasi maka smartphone Android dapat juga digunakan sebagai scanner sehingga Anda tidak perlu meng-instal aplikasi tambahan lain sehingga memori ponsel Anda tidak terlalu penuh. Dengan menggunakan Google Drive yang biasanya sudah ada di setiap ponsel Android, maka Anda bisa melakukan scan dokumen atau foto dengan mudah.

BACA JUGA: Senjakala Media Konvensional, 95 Persen Pengguna Internet Di Indonesia Membaca Berita Dari Smartphone

Google Drive (Gdrive) adalah salah satu layanan dari Google yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan secara online berbasis internet atau Cloud. Layanan ini muncul karena tuntutan kondisi saat ini dimana banyak orang yang membutuhkan untuk mengakses data dimanapun, kapanpun, dan dengan gadget apapun baik itu laptop, smartphone, maupun tablet.

Selain berfungsi untuk tempat penyimpanan secara online dan gratis, maka Google Drive juga memiliki fitur yang cukup menarik yaitu sebagai scanner portable yang dapat Anda manfaatkan untuk scan dokumen saat sedang tidak di kantor atau di rumah.

Berikut ini adalah panduan dan langkah-langkah cara scan dokumen dengan menggunakan Google Drive di smartphone Android:

1. Buka aplikasi Google Drive pada Android Anda, kemudian tap tanda +, Kemudian tap “Scan“.

cara menggunakan google drive untuk scan dokumen

 

2. Kemudian ambillah gambar atau dokumen atau objek lain yang ingin Anda scan dengan menggunakan kamera ponsel Anda. Tab atau sentuh lingkaran biru yang ada di bagian bawah untuk mengambil gambar. 

3. Setelah itu Anda dapat mengedit gambar yang telah Anda scan, misal mengatur ukuran dengan cara tap pada icon “Crop” yang ada di bagian atas, lalu atur sesuai kebutuhan sehingga hasil akhir dokumen dalam bentuk PFD akan lebih rapih. Jika sudah selesai maka Anda tinggal tap icon ‘centang’ untuk mengakhiri proses scan.

Cara Scan Dokumen Dengan Menggunakan Google Drive Di Smartphone Android

Jika Anda merasa hasil akhir dari scan tersebut di atas kualitasnya kurang bagus atau tidak jelas terbaca, maka Anda dapat mengaktifkan flash pada kamera Anda saat proses scan.

Saat menggunakan Google Drive untuk scan dokumen maka tidak diperlukan koneksi internet, namun kalau Anda ingin mengunduh atau menggunggah hasil scan tersebut maka diperlukan koneksi internet.

video tutorial gratis selama 1.5 tahun

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *