Bagaimana Cara Agar Diet Tetap Jalan Dan Sukses Meskipun Sedang Berpuasa?

Bagaimana Cara Agar Diet Tetap Jalan Dan Sukses Meskipun Sedang Berpuasa?

Bulan Puasa sudah di depan mata. Biasanya selama di bulan Puasa, kegiatan atau jadwal makan Anda akan terbalik-balik. Yang sering menjadi masalah adalah Anda yang sedang melakukan diet. Tentunya akan sedikit merepotkan untuk menjalakan diet saat berpuasa.

Mengapa? Sebab, untuk yang diet biasanya dilarang makan malam, tapi bila bulan Ramadan justru makanan yang masuk ke dalam tubuh terjadi di saat malam hari (buka puasa dan sahur).

Akibatnya, bila tidak dijaga, diet pun justru akan gagal di saat menjalankan puasa. Lantas, bagaimana agar Anda yang diet tetap berpuasa dan sukses juga melakukan diet?

Dengan menjalani puasa saja, berat badan sudah pasti akan turun 1-4 kg sebulan. Jadi, selama jumlahnya tidak berlebihan, Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi makanan apa saja setelah berbuka dan sebelum sahur. Begitu pun dengan kebisaan tidur sesaat setelah makan malam.




Meski begitu, nyatanya diet sehat bulan puasa ini harus dilakukan dengan menerapkan diet gizi seimbang. Seimbang dalam arti semua sumber makanan mulai dari karbohitrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral harus lengkap dalam menu makan sehari-hari, hanya jumlahnya saja yang harus dibatasi.

Prinsipnya, jangan sampai pengurangan jumlah makanan yang dilakukan malah mengganggu kesehatan dan kesegaran Anda kala beraktivitas di bulan puasa.

Meskipun diet ini dilakukan saat menjalani puasa, tapi secara umum diet kala puasa ini hampir sama dengan pola diet saat tidak puasa.

Dikatakan dokter gizi, dr. Stella E. Bela, jumlah total kalori makanan yang dikonsumsi saat menjalani diet di bulan puasa tetap saja berkisar antara 1.200-1.500 kalori.

Hanya saja, komposisi jumlahnya mesti disesuaikan dengan piramida makanan. Di mana kandungan karbohidratnya berkisar antara 50-60 persen, protein 15-20 persen dan lemak 20-25 persen.

“Komposisi kandungan ini terdapat juga pada konsumsi makanan saat puasa hanya saja persentasenya sedikit berbeda karena saat bulan puasa asupan makan sudah berkurang 10-20 persen,” terang dr. Stella.

BACA JUGA:

Komposisi kebutuhan kalori yang dibutuhkan saat menjalani diet saat berpuasa ini terdiri dari 40 persen kalori saat makan sahur, 10 persen kalori saat berbuka, 30 persen kalori saat sudah shalat magrib, serta 20 persen kalori sesudah shalat tarawih.

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *