Apakah Donald Trump Presiden Terpilih Amerikat Serikat Yang Ke-45 Akan Memicu Perang Dunia III?

Apakah Donald Trump Presiden Terpilih Amerikat Serikat Yang Ke-45 Akan Memicu Perang Dunia III?

Di dalam kampanyenya, Donald Trump, 70 tahun, mengatakan bahwa jika Hillary Clinton terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) akan memicu perang dunia III. Alasan Trump ini didasarkan kepada kebijakan Hillary yang membahayakan AS dan dunia melalui kebijakannya di Suriah dalam melawan kelompok teroris ISIS dan pemberontak oposisi terhadap pemerintah Suriah.

Pada tanggal 9 November 2016, Donald Trump berhasil meraih suara terbanyak dalam pemilihan presiden AS dan menjadi presiden AS yang ke-45. Trump meraih 290 suara perwakilan (electoral votes) dan Clinton meraih 218 suara.

BACA JUGA: Inilah Alasan Mengapa Banyak Orang Lebih Memilih Paper Asset Dibandingkan Conventional Assets

Lalu, apakah dengan kemenangan Trump, Perang Dunia III tidak akan terjadi? Apakah AS akan aman selama dipimpin Trump? Sepertinya AS tidak sepenuhnya damai dipimpin Trump. Coba lihat apa saja janji-janji kampanye Trump mengenai isu pertahanan AS.

Trump berjanji membangun militer AS yang kuat dan menggemukkan personel militer untuk menghadapi ancaman global.

Trump menyebutkan akan menambah jumlah pasukan bersenjata AS menjadi 540 ribu personil dari sebelumnya 475 ribu personil. Penambahan jumlah personil militer, mengutip International Business Times, 9 November 2016, akan meningkatkan anggaran sebesar US$30 miliar atau sekitar Rp 394,8 triliun.

Selain menambah personil militer, Trump juga menjanjikan penambahan kapal perang hingga mencapai 350 unit. Bandingkan saja dengan upaya perbaikan kapal induk oleh angkatan laut AS yang hanya 308 unit.

Trump juga akan berencana meningkatkan kemampuan kapal perusak dengan tujuan untuk mampu menghadang ancaman rudal dari Iran, Korea Utara, dan negara-negara lainnya.

Agar pertahanan udara AS semakin kuat, maka Trump berjanji akan menambah pesawat tempurnya yang saat ini berjumlah 1.113 pesawat menjadi 1.200 pesawat.

BACA JUGA: Inilah Solusi Mengatasi Biaya Pengobatan Yang Mahal 3 Jenis Penyakit Kritis Ini

Pemerintah AS mengeluarkan anggaran pertahanan lebih dari US$600 miliar atau Rp 7896 triliun tahun lalu. Trump akan meningkatkan anggaran militer itu dengan meminta negara-negara yang memberikan wilayahnya dipakai sebagai pangkalan militer AS untuk berkontribusi. Seperti Jerman, Arab Saudi dan Jepang.

“Sejarah menunjukkan saat Amerika tidak disiapkan ketika datang bahaya terberat. Kita ingin mencegahnya, menghindari dan mencegah konflik melalui dominasi militer kita yang tak diragukan,” kata Donald Trump September lalu.

Dengan pernyataan atau janji seperti yang disebutkan Trump semasa kampanyenya, apakah Trump akan memicu Perang Dunia III?

Waktu yang akan menjawab.

—————-

BACA JUGA:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort