Apakah Anda Yakin Akan Mengabaikan 7 Bahaya Akibat Obesitas Ini?

Apakah Anda Yakin Akan Mengabaikan 7 Bahaya Akibat Obesitas Ini?

7 bahaya akibat obesitas – Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan.

Seseorang dianggap menderita kegemukan (obese) bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter, lebih dari 30 kg/m2.

Metode mudah untuk mengetahui pengukuran BMI (indeks massa tubuh) bisa di lihat di tabel berikut:

Tabel Pengukuran BMI (Indeks Massa Tubuh)

Contoh seseorang mempunyai BB 83 kg dan TB 1.6 m, maka BMI = 83/1.6*1.6 = 32.4. Dari hasil BMI yang didapat bisa dibandingkan dengan tabel dan dapat diketahui bahwa pasien menderita obesitas tingkat 1.

BACA JUGA: Penting!!! Anda Patut Mengenali Beberapa Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum Terlambat. Diantaranya…

Berat badan berlebih dan perut buncit tidak hanya menimbulkan banyak masalah dan menurunkan rasa percaya diri, tapi juga masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa bahaya akibat obesitas yang patut Anda pertimbangkan:

1. Diabetes Tipe 2

Faktor risiko nomor satu dari diabetes tipe 2 adalah karena obesitas. Disebutkan kalau lebih dari 90 persen penderita diabetes tipe 2 memiliki berat badan berlebih atau mengalami obesitas.

Orang yang kelebihan berat badan, atau obesitas menambah tekanan pada kemampuan tubuh mereka untuk menggunakan insulin dan mengontrol kadar gula darah dengan benar. Karena itu orang gemuk, lebih mungkin mengembangkan diabetes.

2. Tekanan Darah Tinggi

Berat badan yang meningkat dapat menyebabkan darah yang beredar di seluruh tubuh mengalami kesulitan, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Anda harus rutin melakukan olahraga karena hal ini dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda. Aktivitas fisik secara teratur membuat jantung Anda lebih kuat.

Jantung yang kuat bisa memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha. Jika jantung Anda bekerja lebih sedikit untuk memompa, maka arteri menurun, yang berarti juga akan menurunkan tekanan darah Anda.

BACA JUGA: Apakah Ada Kaitan Antara Mendengkur Dan Penyakit Jantung? Baca Ini

3. Penyakit Jantung dan Stroke

Obesitas membuat Anda lebih mungkin untuk memiliki kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, yang keduanya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kabar baiknya, kehilangan 5 menjadi 10 persen dari berat badan Anda telah terbukti menurunkan kesempatan mengembangkan penyakit jantung.

4. Osteoarthritis

Individu dengan obesitas menempatkan tekanan pada lutut, pinggul dan punggung mereka. Hal ini bisa memengaruhi sendi mereka dan merusak tulang rawan yang melindungi, yang mengakibatkan Osteoarthritis.

5. Kanker

Kanker tertentu seperti usus, ginjal, payudara dan esofagus terkait dengan obesitas. Beberapa studi juga telah melaporkan hubungan antara obesitas dan kanker kandung empedu, ovarium dan pankreas.

6. Sleep Apnea

Sleep Apnea merupakan faktor risiko umum untuk obesitas. Ini adalah gangguan tidur yang menyebabkan orang bangun sepanjang malam, karena mereka berhenti bernapas.

BACA JUGA: Gampang Marah Adalah Salah Satu Tanda Tidur Kurang Berkualitas. Tanda Yang Lain Apa Saja?

Hal ini pada akhirnya menyebabkan mereka merasa lelah di siang hari. Hal ini juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes, depresi dan sakit kepala.

7. Lower Back Pain

Risiko nyeri punggung bawah akan semakin meningkat dialami oleh orang-orang yang mengalami obesitas. Selain itu obesitas juga akan mempengaruhi tulang belakang. Salah satu daerah tulang belakang yang paling rentan terhadap efek dari obesitas adalah tulang belakang lumbar.

Ketika Anda mengalami obesitas, maka tulang belakang dipaksa untuk mengasimilasi beban. Hal ini bisa menyebabkan kompromi kerusakan struktural.

Agar Anda dapat terhindar dari bahaya akibat obesitas di atas, maka Anda harus memperhatikan berat badan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *