Apakah Anda Mengetahui 7 Cara Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu? Salah Satunya

7 Cara Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

7 Cara membedakan madu asli dengan madu palsu – Sudah sejak lama madu dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat yang untuk kesehatan, pengobatan dan kecantikan. Madu memang mempunyai jutaan khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan. Madu yang merupakan hasil dari lebah bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain. 

Beberapa manfaat madu diantaranya:

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan energi tubuh
  • Membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.
  • Membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.
  • Mengatasi jerawat
  • dll

Bagaimana proses terjadinya madu?

Madu adalah bahan nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga. Nektar-nektar ini kemudian akan dikumpulkan oleh lebah di sarangnya dan akan menjalani tiga proses pengolahan di dalamnya. 

Tahap pertama adalah lebah akan memproduksi semacam enzim yang kemudian akan bercampur dengan nektar. Setelah bercampur maka akan berlanjut ke proses fermentasi nektar. Kemudian proses menghasilkan madu dan pada tahap akhir semua cairan dalam madu akan keluar dan tersisa madu murni.

BACA JUGA: Tips Praktis Cara Menyingkirkan Duri Ikan Yang Tersangkut Di Tenggorokan

Bagaimana cara membedakan madu asli dan tidak asli?

Di pasaran banyak dijual madu dengan berbagai macam jenis dan variasi harga. Dan semuanya mengklaim bahwa semua madunya adalah asli. Anda tentu tidak ingin tertipu saat membeli madu sehingga mendapatkan madu palsu. Berikut ini adalah cara membedakan madu asli dengan yang palsu:

1. Madu asli tidak membeku

Anda dapat membedakan madu asli dengan palsu dengan memasukan madu tersebut ke dalam freezer kulkas. Madu asli saat dimasukkan ke dalam freezer tidak akan membeku. Sedangkan madu palsu akan membeku karena madu palsu terdiri dari banyak campuran air dan gula.

2. Menggunakan Metode Kristalisasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, maka pada tahap ke tiga dari proses pembentukan madu maka semua cairan akan keluar dari madu. Dan yang tertinggal adalah enzim khusus yang tidak akan rusak saat disimpan. Anda bisa mencoba metoda kristalilasi dengan menyimpan madu di dalam botol kaca dan hasilnya di bagian bawah dari botol ada terdapat cairan yang mengental dan membentuk kristal maka dapat dipastikan madu tersebut adalah madu asli.

Sedangkan madu palsu tidak akan ada endapan kristal di bagian bawah, bahkan madu akan kelihatan sangat cair.

BACA JUGA: Saat Diet Menurunkan Berat Badan Mana Lebih Bagus Mengurangi Asupan Lemak Atau Gula?

2. Membedakan madu asli dan palsu dengan air

Cara membuktikan madu asli dan madu palsu adalah dengan menggunakan air. Ambil sebuah gelas yang telah berisi air mineral lalu tuangkan satu sendok madu ke dalamnya.

Madu asli tidak akan bercampur dengan air (kecuali jika sudah di aduk) dan akan mengendap atau tenggelam di bagian bawah gelas. Hal ini karena madu asli terbuat dari olahan nektar yang tidak mengandung air.

3. Cara membedakan madu asli dan palsu dengan semut

Cobalah teteskan beberapa tetes madu di tempat atau area dimana ada banyak terdapat semut merah. Anda akan melihat dimana ditahap awal semut merah akan mendekati madu tersebut namun tidak berapa lama mereka akan pergi menjauh. Itu menandakan bahwa madu tersebut adalah madu asli.

Jika madu tersebut adalah madu palsu yang sudah banyak mengandung gula maka semut merah akan tetap tinggal dan mencicipi madu campuran tadi.

4. Membedakan madu asli dengan api

Anda ambil sebatang korek api lalu nyalakan. Kemudian masukan atau celupkan ke dalam gelas yang berisi madu. Kalau gelas tersebut berisi madu asli maka batang korek api akan tenggelam dan apinya seperti terhisap secara perlahan ke dalam madu, lalu api padam. Madu asli memiliki tingkat kelembabab yang sangat rendah.

5. Menguji madu asli dengan pasir

Cara membedakan madu asli dan campuran adalah menguji dengan menggunakan pasir. Isi sebuah mangkok atau piring dengan pasir, kemudian tuangkan madu ke dalamnya. Anda tunggu sekitar dua menit. Lihat apa yang terjadi.

Madu asli mempunyai sifat ikatan yang sangat kuat sehingga tidak dapat berubah bentuk saat diteteskan ke sebuah media. Jadi saat madu asli diteteskan ke dalam piring berisi pasir maka tidak akan berubah atau menyebar ke bagian pasir yang lain.

BACA JUGA: Tips Untuk Menikmati Masakan Padang Dengan Aman Tanpa Rasa Khawatir

6. Memanaskan madu

Cara selanjutnya untuk membedakan madu asli dan tidak asli adalah dengan memanaskan madu. Anda panaskan madu dengan api. Sesaat akan mendidih maka madu yang asli akan mengeluarkan gelembung-gelembung udara yang meletup-letup.

Kalau saat dipanaskan ada buih seperti ciri khas saat air gula ketika dimasak atau dipanaskan maka madu yang Anda panaskan tersebut adalah madu palsu.

7. Lakukan uji coba di laboratorium

Cara membedakan madu asli dengan palsu yang paling akurat dan kredibel adalah melakukan uji coba/test di laboratorium.

Semoga 7 cara membedakan madu asli dengan madu palsu di atas dapat membantu dan bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *