Apakah Aman Atau Berbahaya Konsumsi Telur Mentah?

 

Apakah Aman Atau Berbahaya Konsumsi Telur Mentah?

Pasti Anda setuju kalau telur banyak mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Namun, banyak orang yang suka untuk memilih untuk mengonsumsi telur dalam keadaan mentah. Dengan alasan dianggap tidak mengurangi kadar nutrisi di dalamnya. Namun, apakah aman konsumsi telur mentah bagi kesehetan tubuh seseorang?

Inilah beberapa fakta penting mengenai telur mentah sebagaimana dilansir Antara, Selasa (11/7/2017):

1. Protein telur mentah tidak bisa diserap tubuh secara maksimal

Telur diketahui adalah salah satu sumber protein yang lengkap. Namun, ternyata apabila Anda konsumsi telur mentah dapat menurunkan penyerapan kualitas proteinnya.

Kalau dalam kondisi telur yang matang maka protein yang dapat diserap oleh tubuh manusia sekitar 90 persen, namun hanya bisa menyerap 50 persen protein bila disantap dalam keadaan mentah.

Seperti yang dilansir Boldsky, dari penelitian ditemukan kalau protein pada telur yang dimasak lebih mudah dicerna manusia daripada protein dalam telur mentah. Jika memakannya secara mentah, maka tubuh seseorang mungkin tidak bisa menyerap semua proteinnya.

Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online Dengan Belajar Di Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia
2. Telur mentah mencegah penyerapan biotin

Apa itu biotin?

Biotin atau vitamin B7 adalah faktor yang sangat penting agar tubuh seseorang bisa memproduksi glukosa dan asam lemak.

Nah, telur mentah mengandung protein avidin yang bisa menghalangi penyerapan biotin.

3. Telur mentah bisa terkontaminasi bakteri

Telur mentah bisa terkontaminasi bakteri Salmonella. Bakteri tersebut tidah hanya ada terdapat di cangkang telur, tapi juga di dalam telur. Jika Anda konsumsi telur mentah yang sudah terkontaminasi bakteri Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan.

Infeksi semacam itu bisa mengancam bayi dan anak, perempuan hamil, manusia lanjut usia (manula), serta orang yang sistem imunitasnya lemah.

Pengidap kencing manis (diabetes), terjangkit virus merapuhnya kekebalan tubuh (human immuno-deficiency virus/HIV) dan tumor ganas adalah sebagian orang yang tidak boleh makan telur mentah.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *