Apakah Ada Kaitan Antara Mendengkur Dan Penyakit Jantung? Baca Ini

Apakah Ada Kaitan Antara Mendengkur Dan Penyakit Jantung

Bagi Anda yang telah menjalani pembukaan penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah di jantung (angioplasti koroner) sangat disarankan untuk menjalani perawatan mendengkur. Apakah ada kaitannya antara mendengkur dan penyakit jantung?

Menurut para peneliti di Rumah Sakit Pusat Kobe, Jepang, kalau mendengkur dan gangguan nafas saat tidur tidak dipedulikan, maka ini akan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung atau stroke sampai dua kali bagi para pasien yang telah mengalami sumbatan arteri koroner.

Apa alasannya?

Mendengkur merupakan tanda terjadinya penyempitan saluran nafas saat tidur. Jika saluran nafas tersumbah dan ini terjadi secara terus menerus maka dapat menyebabkan kadar oksigen akan turun. Bagi seorang pendengkur maka sering mengalami apa yang disebut ‘sleep apnea’ yaitu nafas terhenti saat tidur. Di antara dengkuran suara berisik terhenti, dan nafas tampak berat.

Pada saat saluran nafas tersumbat maka penderita akan mengalami seperti tercekik dalam tidur. Dan saat tersebut oksigen akan berkurang secara drastis. Karena merasakan sesak, si penderita akan tersedak sebagai usaha untuk mengambil nafas. Bayangkan jika ini terjadi berulang kali sepanjang malam. Efeknya jumlah oksigen akan turun naik dan pendengkur akan terganggun tidurnya. Sehingga si penderita tidak akan merasa segar dan merasa ngantuk sepanjang hari.

Daun jambu biji untuk kesehatan rambut: Rahasia Daun Jambu Biji Yang Dapat Menumbuhkan Rambut Anda Dan Mencegah Rambut Rontok

Inilah yang disebut dengan hipersomnia, kantuk berlebihan.

Akibatnya akan memicu respon inflamasi yang dapat berakibat tidak baik bagi kesehatan jantung. Henti nafas pada sleep apnea bisa berlangsung bervariasi sepanjang malam. Durasinya sekitar sepuluh detik hingga puluhan detik. Bayangkan betapa merusaknya kondisi henti nafas saat tidur ini.

Para ahli tersebut menutup publikasinya dengan seruan agar para dokter mulai mengevaluasi kebiasaan tidur pasien-pasien dengan masalah jantung dan stroke. Sehingga diketahui apakah ada kaitannya antara mendengkur dan penyakit jantung

rosebagusonlineshop

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *