Apa Yang Menjadi Penyebab Masuk Angin Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Yang Menjadi Penyebab Masuk Angin Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Cuaca yang tidak menentu dapat membuat kita mengalami berbagai gangguan kesehatan. Salah satu yang paling sering dirasakan adalah masuk angin. Saat merasa kembung, pilek, batuk, badan pegal, dan pusing, orang sering menyebutnya sebagai masuk angin. Padahal dalam dunia medis, tidak ada penyakit yang bernama masuk angin. Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab masuk angin dan bagaimana menanganinya?

Menurut Colin Fern Simbolon, Dokter Umum, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, gejala seperti pilek, batuk, pusing, dan pegal-pegal, merupakan gejala umum common cold atau pilek. Hal tersebut terjadi lantaran daya tahan tubuh yang sedang menurun, sehingga tidak dapat melawan virus yang masuk. Tak perlu khawatir karena ini bukanlah suatu keluhan yang berarti.

Sedangkan gejala kembung yang dialami, bisa terjadi karena adanya peningkatan asam lambung. Cobalah untuk makan dengan teratur, dan hentikan konsumsi makanan yang pedas atau asam.

“Penyebab masuk angin lainnya adalah karena adanya masalah pada saluran pencernaan, yaitu adanya sumbatan pada saluran cerna. Sumbatan tersebut bisa muncul akibat makanan, peradangan, atau tumor. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya,” ucap Colin.




Untuk gejala masuk angin yang masuk dalam kategori common cold, Anda cukup melakukan perawatan di rumah. Istirahat cukup, makan teratur, dan konsumsi vitamin C bila perlu, dapat memulihkan tubuh Anda. Sementara untuk keluhan kembung, Anda bisa mengatasinya dengan menghindari makanan yang dapat merangsang terjadinya kembung. Bila tidak kunjung membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter.

BACA JUGA:

Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda akan mengetahui dengan pasti faktor apa yang menjadi penyebab masuk angin yang Anda rasakan. Semakin cepat terdiagnosa, maka Anda akan semakin cepat mendapatkan pengobatan. Anda juga sebaiknya meningkatkan daya tahan tubuh dengan gaya hidup yang sehat, seperti makan teratur, istirahat cukup, olahraga, dan berhenti merokok, agar tidak mudah mengalami masuk angin.

Daftar Free Member Video Tutorial Internet Marketing Dan Bisnis Online SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *