Apa Itu Blooming? Cara Membuat Kopi Agar Perut Tidak Kembung Saat Minum Kopi

Apa Itu Blooming? Cara Membuat Kopi Agar Perut Tidak Kembung Saat Minum Kopi

Cara membuat kopi agar perut tidak kembung – Siapa yang tidak mengenal kopi? Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. 

BACA JUGA: Minum Kopi Ternyata Sangat Baik Untuk Reproduksi Pria Dan Disfungsi Ereksi?

Bagi sebagian orang ada yang sangat bergantung kepada kopi. Utamanya adalah untuk membuat mata melek atau agar mendapatkan ‘energi’ semangat di pagi hari. Bagi mereka mengkonsumsi beberapa cangkir kopi sehari tidak menjadi masalah.

Namun bagi sebagian orang ada yang tidak mendapatkan reaksi terhadap kopi. Alih-alih mendapatkan manfaat positif kopi, orang-0rang ini malah merasakan efek seperti gemetar, sakit kepala, sakit perut atau kembung. 

Menurut Dr Michael Roizen dari Cleveland Clinic, mengapa sebagian orang akan mengalami efek negatif setelah minum kopi adalah akibat dari metabolisme tubuh tidak bekerja dengan cepat atau orang tersebut sensitif terhadap kafein.




“Jika Anda mengonsumsi secangkir kopi filter (yang disaring) delapan ons dalam waktu satu jam, biasanya semua akan terjadi di sini. Apabila Anda tidak sakit kepala, detak jantung normal, tidak cemas, tidak sakit pada lambung, kemungkinan besar metabolisme di tubuh Anda baik. Mampu memproses dengan cepat,” ujar Michael.

“Sebaliknya, apabila setelah minum kopi kemudian muncul dampak-dampak negatif, itu artinya metabolisme tubuh Anda bekerja sangat lambat,” lanjutnya.

Selain faktor di atas, maka penyebab mengapa orang akan merasakan perutnya kembung setelah mengkonsumsi kopi adalah kesalahan saat membuat kopi, yaitu apa yang dikenal dengan proses blooming.

Apa itu blooming? Lalu bagaimana cara membuat kopi agar perut tidak kembung?

BACA JUGA: Hati-Hati!!! Minum Kopi Atau Teh Terlalu Panas Berbahaya. Ini Akibatnya

Blooming adalah satu proses dimana sesaat Anda telah menyeduh kopi dengan air panas maka kopi tersebut akan ‘mekar’. Umumnya, air pada cangkir akan menyembulkan asap dan disertai oleh busa atau gelembung di dinding-dinding gelas.

Inilah yang dinamakan blooming. Biasanya, kebanyakan orang akan langsung mengaduk kopi yang telah diseduh tersebut. Sebaiknya Anda tidak perlu langsung mengaduk kopi tersebut. Biarkan busa atau gelembung-gelembung itu di sana sekitar 15-45 detik. Baru kemudian diaduk hingga rata.

Gelembung-gelembung yang muncul dan terdapat di dinding-dinding gelas adalah CO2 atau karbondioksida yang terperangkap di biji kopi saat disangrai. Gas CO2 inilah yang menyebabkan Anda merasakan kembung setelah meminum kopi. Disarankan setelah Anda menyeduh kopi dengan air panas, biarkan selama kurang lebih 1 menit, agar kopi tersebut mengeluarkan gas CO2, baru kemudian diaduk.

BACA JUGA: Anda Pecinta Kopi? Hindari Mencampurkan 5 Bahan Ini Ke Dalam Kopi Anda

Berikutnya adalah tidak mengkonsumsi kopi saat kopi masih dalam kondisi panas atau dingin. Sebaiknya minumlah kopi saat suhunya sudah hangat. Cara ini selain membuat perut tidak kembung juga kenikmatan kopi yang Anda minum akan lebih terasa.

Semoga informasi cara membuat kopi agar perut tidak kembung di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *