Anda Penderita Jantung? Inilah Efek Samping Dari Obat Statin Terhadap Tubuh

Anda Penderita Jantung? Inilah Efek Samping Dari Obat Statin Terhadap Tubuh

Obat statin adalah golongan obat yang bekerja dengan menurunkan nilai kolesterol terutama kolesterol jahat yaitu LDL, selain itu obat statin juga penting dalam mencegah terjadinya kekakuan pembuluh darah yang meningkatkan kerentanan terhadap penyakit jantung.

Bagi penderita penyakit jantung maka obat statin memiliki pengaruh besar. Sebab obat ini memiliki kemampuan menurunkan kolesterol dalam darah dan mengontrol tingkat inflamasi, yang berkontribusi menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Karena alasan di atas maka angka penggunaan statin pun tinggi, dan ketika penggunaan sebuah obat tinggi, maka laporan akan adanya efek samping meminum obat biasanya meningkat.

BACA JUGA: Penting!!! Anda Patut Mengenali Beberapa Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum Terlambat. Diantaranya…

Di kalangan praktisi kesehatan, efek samping obat statin menjadi perbincangan menarik.

Seperti yang dilaporkan oleh salah satu jurnal kesehatan di Inggris, yaitu Lancet, maka hasil tinjauan baru mengenai efektivitas statin dan kekhawatiran adanya efek samping dari obat statin dinilai berlebihan.

Menurut Rory Collins, profesor kedokteran dan epidemiologi di University of Oxford yang juga merupakan pemimpin penelitian menyebutkan kalau ada banyak kebingungan mengenai efek samping statin. Ada klaim bahwa 20 persen dari pasien yang diberikan statin mengalami intoleran.

Intoleransi statin memang bisa terjadi, tetapi jarang. Sebuah studi awal menemukan, mereka yang mengkonsumsi statin mengalami lemah otot yang kemudian berkembang menjadi degenaris lapisan otot akut dan berpotensi merusak ginjal dan organ tubuh lain.

Sebuah merk statin bernama Baycol ditarik dari pasaran pada 2001 karena adanya laporan kematian terkait gangguan otot. Akibatnya, kekhawatiran tentang efek samping obat pun muncul.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika (FDA) merevisi beberapa merk statin yang menimbulkan risiko serta mengingatkan dokter dan pasien untuk mengkonsumsi statin sesuai dosis agar tak mengalami masalah otot.

Dokter juga mulai membahas kemungkinan efek samping otot pada pasien, sehingga diperlukan pemeriksaan menyeluruh sebelum meresepkan obat, guna menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Anda Patut Waspada Jika Mengalami Kondisi Aritmia Yaitu Gangguan Irama Jantung. Sebab…

Collins juga mengatakan, kemungkinan nyeri bisa disebabkan oleh sugesti.

Dalam meninjau data yang tersedia, Collins mengatakan, statin mengurangi risiko kejadian jantung sekitar 25 persen untuk setiap penurunan unit kadar kolesterol jika dikonsumsi setiap tahun, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak.

Dia menghitung, untuk orang-orang yang telah mengalami serangan jantung atau penyakit jantung, mengkonsumsi statin selama lima tahun menurunkan 10 persen risiko serangan berulang. Namun Rory Collins juga menyebutkan kalau obat statin juga memiliki efek samping yaitu adanya keluhan masalah otot, masalah ingatan dan diabetes.

/center>

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *