Anda Patut Menghentikan 6 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal Ini Agar Ginjal Anda Tetap Sehat

Anda Patut Menghentikan 6 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal Ini Agar Ginjal Anda Tetap Sehat

Bagi banyak orang penyakit ginjal adalah momok yang menakutkan sehingga tidak heran banyak yang mencari atau ingin mengetahui apa saja kebiasaan yang dapat merusak ginjal.

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit ginjal ini yang sebenarnya bisa dihindari namun kadang masyarakat meremehkannya. Sakit ginjal ada banyak sekali jenisnya, namun hampir seluruh sakit pada ginjal yang tidak diobati dapat berujung pada gagal ginjal.

Meskipun manusia memiliki dua ginjal, kerusakan pada salah satu bagian dapat memperburuk kondisi kesehatan. Dan mungkin tak banyak yang tahu bahwa kerusakan ginjal itu sendiri dipengaruhi oleh kebiasaan tak sehat yang kita jalani setiap hari.

BACA JUGA: Hindari Cuci Darah Dengan 7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal. Salah Satunya Adalah….

Ginjal adalah organ vital manusia yang memiliki fungsi untuk mengatur elektrolit dalam darah dan membuang racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, sangat disarankan mulai dari sekarang Anda harus menghentikan 6 kebiasaan yang dapat merusak ginjal berikut ini:

Padahal, sebagai organ vital manusia, ginjal bertanggung jawab untuk mengatur elektrolit dalam darah dan membuang racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu, agar ginjal Anda tetap sehat maka mulai sekarang Anda harus menghentikan kebiasaan-kebiasan yang dapat merusak ginjal, yaitu:

1. Konsumsi makanan tinggi protein

Jika Anda mengonsumsi makanan tinggi protein atau suplemen protein buatan seperti whey, maka hal ini dapat memicu kerusakan ginjal. Organ vital ini akan bekerja lebih keras dalam menyaring zat yang masuk ke dalam tubuh.

2. Terlalu banyak konsumsi makanan asin

Jika Anda berlebihan dalam mengonsumsi makanan asin maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengatur keseimbangan elekktrolit dalam darah yang pada gilirannya dapat menyebabkan kegagalan organ.

 

3. Minum terlalu banyak

Minum terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam jumlah tinggi di dalam aliran darah. Hal ini pada gilirannya dapat mempengaruhi ginjal dan memicu kerusakan.

4. Infeksi virus

Infeksi virus tertentu seperti flu, tonsilitis, dan sistem pencernaan dapat pula mempengaruhi kondisi ginjal. Untuk membuang racun dan virus dari dalam tubuh maka ginjal yang berperan melakukannya. Sehingga hal ini dapat mempengaruhi kerusakan ginjal.

BACA JUGA: Berhati-Hatilah, Kebiasaan Konsumsi Daging Merah Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Gagal Ginjal

5. Kurang minum air putih

Anjuran untuk mengonsumsi delapan gelas air putih setiap hari memang memiliki banyak manfaag bagi tubuh. Salah satunya mencegah timbulnya kerusakan ginjal. Seperti diketahui ginjal berperan menyaring racun dan zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh, jika kita konsumsi air putih maka kerja ginjal akan semakin berat dan memicu kerusakan lebih dini.

6. Menahan buang air kecil

Kebiasan yang dapat merusak ginjal berikutnya adalah sering menahan buang air kecil. Banyak orang yang terlalu sibuk bekerja hingga mengabaikan dorongan untuk buang air kecil. Hal ini sangat berbahaya bagi ginjal karena dapat menyebabkan akumulasi bakteri dalam ginjal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *