Anda Lakukanlah 6 Aktivitas Ini Agar Otak Terus Berkembang

Anda Lakukanlah 6 Aktivitas Ini Agar Otak Terus Berkembang

6 Aktivitas yang harus dilakukan agar otak terus berkembang.

Banyak orang mengatakan – termasuk para ahli – bahwa selama ini menganggap otak akan berhenti berkembang saat seseorang sudah mulai dewasa. Namun sebuah studi terbaru membuktikan fakta bahwa otak terus berkembang. Otak seseorang tetap bisa berkembang dengan cara membentuk neuron baru dan menciptkan jalur saraf baru.

Bagaimana caranya agar otak bisa terus berkembang? Cobalah lakukan 6 aktivitas berikut ini:

1.Membaca

Ya, salah satu kegiatan yang dapat membuat otak terus berkembang adalah membaca. Membaca apa saja. Entah itu buku, novel, dan lain-lain. Dengan membaca maka akan meningkatkan kegiatan otak sehingga akan menciptakan jalur saraf baru.

2. Belajar Bahasa

Mengetahui kata-kata baru ternyata bisa memberi efek positif pada perkembangan otak.

3. Melakukan Aktivitas Seni

Melakukan aktivitas seni seperti menulis, bermain musik atau membuat kerajinan tangan akan melatih sensor motorik pada otak. Sehingga meningkatkan kemampian kecerdasan. Jadi selain sebagai pengisi waktu luang, aktivitas yang satu ini juga dapat menjaga agar otak terus berkembang.

4. Lakukan Puasa

Percaya atau tidak, berpuasa terbukti meningkatkan pembentukan jalur saraf dan neuron baru. Efeknya akan merangsang pertumbuhan sel otak.

Kenapa fast food tidak baik untuk berbuka puasa? Inilah 3 Alasan Penting Mengapa Fast Food Buruk Untuk Buka Puasa

5. Jalan-jalan Ke Tempat Baru

Anda suka melakukan kegiatan dengan berjalan-jalan ke tempat baru yang sebelumnya belum pernah Anda kunjungi? Ternyata kegiatan ini mempunya nilai positif yaitu akan memicu otak untuk merangsang dendrite (bagian dari neuron). Jadi jangan sepelekan kegiatan melancong.

6. Memperbanyak aktivitas tangan non utama

Apakah Anda lebih sering menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas? Kenapa tidak untuk mencoba untuk lebih mengaktifkan tangan kiri dalam kegiatan Anda sehari-hari? Demikian juga sebaliknya. Aktivitas dengan memperbanyak tangan non utama ternyata bisa membentuk jalur saraf baru yang sangat baik untuk perkembangan otak.

Itulah 6 aktivitas yang dapat Anda lakukan agar otak terus berkembang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *