Agar Tidak Salah Pilih Inilah Tips Memilih MicroSD Yang Tepat Untuk Smartphone Android Anda

Agar Tidak Salah Pilih Inilah Tips Memilih MicroSD Yang Tepat Untuk Smartphone Android Anda

Salah satu pertimbangan saat hendak membeli handphone adalah ukuran memori internal, selain misalnya chip dan RAM. Ukuran memori internal smartphone Android sekarang ini umumnya berukuran 16 GB, termasuk kecil. Tentunya Anda butuh microSD. Bagaimana tips memilih MicroSD yang tepat untuk handphone Anda?

Tipe dan spesifikasi kartu memori

Sebelum membeli MicroSD, maka Anda harus mengetahui bahwa ada tiga tipe MicroSD, yaitu:

1. SDSC atau SD (Secure Digitial Standard Capacity)

Tipe MicroSD yang satu ini merupakan sebuah microSD yang memiliki ukuran kapasitas yang kecil. MicroSD ini memanfaatkan sistem file FAT16. Ini adalah tipe SDcard termurah yang ada di pasaran.

BACA JUGA: Apakah Anda Ingin Baterai Smartphone Tidak Cepat Rusak? Hindarilah 6 Kebiasaan Ini…

2. SDHC (Secure Digital High Capacity)

Memori jenis seperti ini merupakan kartu memori yang memiliki kapasitas dari rentang 4 GB sampai 32 GB dan memanfaatkan sistem file FAT32. Karena memiliki format yang berbeda, microSD ini tidak akan cocok dengan perangkat yang hanya menerima format SD.

3. SDXC (Secure Digital Extended Capacity)

Kartu memori tipe terakhir ini merupakan memori yang memiliki kapasitas dari 64 GB sampai 2 TB dan menggunakan format exFAT. Tentu saja format ini tidak akan masuk ke perangkat yang hanya mendukung SD dan SDHC.

Merek kartu memori

Selain tipe kartu memorinya, maka tips memilih MicroSD yang patut jadi pertimbangan adalah merek kartu memori. Reputasi sebuah merek sangat penting dan menjadi pertimbangan yang penting. Anda tentu tidak ingin data Anda korup karena menggunakan sembarang merek bukan?

Ada beberapa merek kartu memori  yang memberikan garansi dan akses untuk memulihkan data, misalnya SanDisk, Samsung dan Transcend.

Kapasitas Memori

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada tiga tipe kartu memori di dunia ini. Nah, untuk itu, tinggal bagaimana Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan dukungan perangkat Anda.

Saat ini, teknologi microSD sudah bisa mendukung sampai 2 TB. Namun Anda harus ingat, jangan asal beli. Anda pertimbangkan dulu sebanyak apa kira-kira Anda membutuhkan sebuah kartu memori. Kemudian, seberapa besar smartphone Anda mendukung kapasitas tersebut.

Software Terbaik Untuk Membuat POSTER, DESAIN & BANNER

Tingkat Kecepatan

Tingkat kecepatan juga menjadi salah satu faktor yang dipertimbankan dalam tips memilih MicroSD. Untuk kartu memori, ada beberapa kelas yang harus Anda ketahui sebelum membeli.

Klasifikasi kelas untuk kartu memori sendiri itu menandakan seberapa cepat mereka bisa membaca dan menerima data.

1. Class 2, kelas ini merupakan kelas terbawah yang sebenarnya sangat tidak direkomendasikan.
2. Class 4, kelas ini setidaknya cukup baik untuk Anda gunakan. Namun, alangkah baiknya Anda membeli kelas yang lebih tinggi.
3. Class 6, kelas ini yang direkomendasikan untuk Anda. Dengan harga yang terjangkau, Anda masih bisa menggunakan memori di kelas ini tanpa harus takut kehilangan data.
4. Class 10, merupakan kelas terbaik yang bisa Anda gunakan untuk smartphone Android Anda. Dengan kelas ini, Anda dapat merekam video dengan kualitas Full HD 1080p 60fps dengan mulus.

Tergantung Versi Android

Kebanyakan HP Android itu sudah didukung dengan slot microSD. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan data seperti foto, musik, video, aplikasi, dan data game. Bahkan, di versi Android 6.0 Marshmallow, sudah ada fitur bernama Adoptable Storage, yang mana akan membuat kartu microSD sama seperti memori internal.

Sehingga kekuatan memori eksternal bisa sama dengan memori internal, artinya Anda dapat menjadikannya sebagai bagian dari sistem. Namun, hal penting yang perlu diingat adalah Anda harus menggunakan kartu memori yang terbaik, minimal Class 10 SDHC.

BACA JUGA: Inilah Cara Gampang Mendapatkan Microsoft Office Gratisan Secara Legal. Ikuti Langkahnya Di Sini

Dukungan Sistem File

Sistem file yang paling direkomendasikan untuk sebuah kartu memori SD atau SDHC adalah FAT32. Untuk itu, saat Anda ingin menghubungkannya dengan komputer, maka jangan pernah mengubah format FAT32.

Kelemahan dari FAT32 adalah memori ini tidak bisa mendukung sebuah file yang memiliki ukuran lebih dari 4 GB dan kapasitas memori lebih dari 2 TB. Kalau mau seperti itu, maka Anda bisa menggunakan sistem file SDXC.

Itulah beberapa informasi mengenai tips memilih MicroSD yang tepat untuk smartphone Android Anda. Semoga bermanfaat.

Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort