Agar Tidak Salah Paham Inilah 7 Mitos Dan Fakta Kanker Yang Patut Anda Ketahui

Agar Tidak Salah Paham Inilah 7 Mitos Dan Ffakta Kanker Yang Patut Anda Ketahui

7 mitos dan fakta kanker – Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel membelah secara abnormal tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem getah bening.

Kanker bukan hanya satu penyakit tapi banyak penyakit. Ada lebih dari 100 berbagai jenis kanker. Sebagian besar kanker diberi nama untuk organ atau jenis sel di mana mereka mulai – misalnya, kanker yang dimulai di usus besar disebut kanker usus besar; kanker yang berawal di sel-sel basal kulit disebut karsinoma sel basal.

BACA JUGA: Mengerikan!!! Wajah Model Pria Ini Jadi Memprihatinkan Akibat Operasi Plastik Gagal

Ada beberapa mitos dan fakta kanker yang selama ini telah ada dan dipercaya oleh masyarakat yang perlu diketahui. Berikut ini adalah 7 mitos dan fakta tentang kanker menurut Yayasan Kanker Indonesia: 

1. Mitos: kanker adalah penyakit keturunan

Faktanya, hanya 5 – 10 persen faktor genetik terjadinya kanker, selebihnya adalah karena faktor risiko yang ada dilingkungan antara lain pola makan, rokok, dan kegemukan.

2. Mitos: kanker adalah penyakit orang modern

Faktanya, kanker sudah ditemukan pada mumi Mesir bahkan pada manusia purba tapi saat ini terjadi peningkatan kejadian kanker dan faktor risiko terbesar adalah usia dan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Kesehatan Gigi Anak Dapat Terjaga Dengan Baik. Diantaranya…

3. Mitos: tubuh yang bersifat asam tinggi akan menyebabkan kanker

Faktanya, sel kanker tidak dapat hidup pada kondisi basa yang ekstrim, demikian juga halnya dengan sel – sel sehat. Badan kita akan mengatur kadar keasaman sesuai dengan kebutuhan tubuh.

4. Mitos: biopsi jaringan membangkitkan sel – sel kanker menjadi aktif dan menyebar

Faktanya, biopsi jaringan diperlukan dalam proses menetapkan diagnosa dan mengambil keputusan pengobatan yang akan dilakukan. Kanker sudah ganas dari awalnya, dan tumor jinak tidak akan menjadi ganas setelah dibiopsi.

5. Mitos: gula akan menyebabkan kanker dan memberi makanan pada sel – sel kanker

Faktanya, semua sel tubuh kita termasuk sel – sel sehat membutuhkan gula untuk energi. Tubuh akan mengubah semua jenis makanan menjadi sumber energi gula. Yang menjadi masalah adalah bila konsumsi berlebihan.

6. Mitos: lebih baik mengobati kanker dengan herbal daripada obat kemoterapi

Faktanya, kandungan zat aktif herbal tidak terbukti dapat membunuh sel – sel kanker dengan efektif tapi bisa dijadikan sebagai bagian dari hidup sehat.

BACA JUGA: Anda Penderita Jantung? Inilah Efek Samping Dari Obat Statin Terhadap Tubuh

7. Mitos: gelombang elektromagnetik dan terapi oksigen dapat menyembuhkan kanker

Faktanya, oksigen akan menyehatkan sel – sel yang kekurangan oksigen misalnya gangren tapi gelombang elektromagnetik dan terapi oksigen tidak mempengaruhi sel – sel kanker.

Itulah 7 mitos dan fakta kanker yang patut Anda ketahui. Agar dapat mengurangi risiko atau terserang berbagai jenis kanker, Anda dianjurkan untuk mempraktekkan kebiasaan gaya dan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidak merokok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *