7 Tips Sederhana Menyusui Yang Sehat Bagi Para Ibu Yang Bekerja

7 Tips Sederhana Menyusui Yang Sehat Bagi Para Ibu Yang Bekerja

Seorang ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam memberikan air susu ibu ( ASI) secara ekslusif selama 6 bulan. Bagaimana cara dan tips sederhana menyusui bayi bagi ibu-ibu yang bekerja?

Bagi ibu yang memiliki peran ganda, yakni sebagai ibu rumah tangga sekaligus pekerja di luar rumah, memberikan ASI eksklusif kerap mengalami kendala. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana menyusui yang bisa dilakukan oleh kaum ibu, agar pemberian ASI secar eksklusif tidak terganggu:

1. Latih dengan Botol Susu

Berdasarkan peraturan dari Dinas Ketenagakerjaan, pasca melahirkan kaum ibu yang berprofesi sebagai karyawan berhak mendapatkan cuti selama tiga bulan. Nah, selama masa cuti tersebut sebaiknya sesekali latih bayi menyedot ASI melalui botol susu. Sehingga, begitu Anda kembali ke kantor, bayi tidak lagi awam dengan tekstur botol susu, dan jadwal menyusunya tidak terganggu.

2. Melatih Kemampuan Memerah ASI

Anda dapat melatih diri untuk memerah ASI dengan menggunakan tangan, pompa manual atau pompa elektrik. Latihan ini dapat dimulai saat ASI keluar untuk yang pertama kalinya atau ketika payudara terasa bengkak. Biasakan juga untuk menetapkan jadwal memerah ASI, umum dilakukan tiap 3-4 jam sekali, yang kemudian dibekukan untuk persediaan ketika Anda mulai bekerja.

3. Hindari Stres

Untuk sukses memberikan ASI sebaiknya Anda sangat memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, luangkan waktu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi ketika Anda bekerja. Makanan yang bergizi akan menambah kualitas ASI. Hindari stress karena beban fisik dan mental akan menghambat ASI sehingga kuantitasnya jadi terganggu.

Bosan Jadi Karyawan? Ikuti Suasana Baru Di Kursus Internet Marketing SB1M Community
4. Sempatkan Waktu untuk Menyusui

Sebelum Anda berangkat bekerja, luangkan waktu untuk menyusui secara langsung, dengan demikian ikatan batin masih tetap terjalin antara Anda dan buah hati meskipun Anda sibuk bekerja. Waktu yang tepat untuk menyusui adalah ketika Anda akan berangkat atau pulang bekerja dan ketika bayi akan tidur.

5. Persediaan ASI Perah

Tips sederhana menyusui bagi wanita pekerja yang berikutnya adalah gunakan waktu istirahat di tempat kerja Anda untuk memerah ASI, sehingga Anda tidak kehabisan persediaan. Makin sering ASI disedot atau dipompa, maka produktivitasnya makin banyak. Jika Anda jarang memerah ASI di tempat bekerja, maka kadar ASI yang keluar akan semakin berkurang.

6. First in First Out

Setelah selesai memerah, sebaiknya ASI segera dikemas dalam botol khusus yang tertutup rapat dan hygiene, lalu disimpan dalam lemari es atau freezer. Untuk memudahkan sistem first in first out, tiap botol harus dilengkapi dengan tanggal, agar lebih mudah diketahui ASI mana yang lebih dulu disimpan dan dikonsumsi.

7. Banyak Konsumsi Sayur

Agar produksi ASI melimpah, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau lebih banyak. Dengan ASI yang melimpah maka kewajiban Anda untuk menyusui bayi tidak akan terganggu.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort