5 Fakta Penting Tentang Asma Yang Patut Anda Ketahui. Salah Satunya…

5 Fakta Penting Tentang Asma Yang Patut Anda Ketahui

5 fakta penting tentang asma – Asma (asthma) adalah sebuah penyakit kronis (kambuhan) pada sistem pernapasan, berupa peradangan dan penyempitan liang/saluran pernapasan, menyebabkan susah bernapas, dada terasa sesak, dan batuk. Penyakit asma dapat muncul karena reaksi terhadap rangsangan tertentu. 

Umumnya penderita penyakit asma sangat rentan pada hal-hal tertentu. Jika Anda tinggal bersama dengan orang yang menderita asma, maka merupakan keharusan Anda mengetahui hal-hal atau fakta mengenai asma agar tidak tidak memicu timbulnya penyakit itu.

BACA JUGAInilah 6 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dianggap Sebagai Pemicu Utama Sakit Kepala Atau Migrain

Berikut ini adalah tujuh fakta penting tentang asma yang layak Anda ketahui, diantaranya:

1. Penyebab alergi dan asma terkadang bisa sama

Dari beberapa studi yang telah banyak dilakukan maka reaksi terhadap alergen seperti tungau, kecoak, debu, jamur, hewan peliharaan dan serbuk sari dapat menyebabkan timbulnya gejala asma.

Menurut Albert Rizzo – penasihat medis senior American Lung Association – mengatakan bahwa kalau Anda menderita asma dan ternyata obat Anda tidak bekerja, maka salah satu penyebab dari asma Anda adalah alergi.

Oleh sebab itu, orang-orang yang menderita asma, harus mengetahui alergi apa yang diidapnya sehingga dapat mencegah munculnya asma. Dan hal ini juga dapat membantu memperkecil potensi kumatnya asma.

2. Anda bisa mengembangkan asma saat dewasa

Hanya karena melewati ulang tahun ke-18 bukan berarti Anda bebas dari asma. Memang gejala asma sering berkembang sebelum usia lima tahun. Namun, jangan salah asma bisa muncul setiap saat.

Orang dewasa bisa terkena asma karena disebabkan reaksi alergi terhadap satu atau lebih bahan kimia. Seperti jenis yang mungkin ada di tempat kerja Anda, hormon, genetik dan aspek lain dari lingkungan.

BACA JUGASaat Malam Hari Ingin Ngemil Tapi Takut Gemuk? Makan Jenis Makanan Ini…

3. Anda mungkin memiliki gejala asma ketika Anda berolahraga

Banyak penderita merasa gejala asma timbul ketika mereka lari atau naik sepeda. Tabung bronkial yang membawa udara ke paru-paru bisa mempersempit Anda saat memaksakan diri yang mengarah ke kejang pada otot sekitarnya.

Masalah yang biasanya disebut dokter sebagai exercised-induced broncospasms (EIB) adalah yang paling mungkin terjadi saat berolahraga di luar dalam cuaca dingin, ketika Anda menghirup udara yang lebih dingin. Temui dokter Anda untuk diagnosis yang benar.

4. PMS bisa mengakibatkan asma

Banyak wanita dengan asma (hingga 40 persen) mengatakan bahwa gejala penyakit itu mulai memburuk sebelum periode mereka. Studi yang diterbitkan dalam Frontiers di Imunologi menunjukkan bahwa pergeseran hormon estrogen bisa menyebabkan peradangan ekstra dalam saluran udara.

5. OTC (over the counter) penghilang rasa sakit bisa memicu serangan

Sebanyak 10 persen penderita asma mengatakan bahwa obat-obat seperti aspirin, ibuprofen atau naproxen – yang termasuk golongang NSAID (nosteroid antiinflamasi) – menyebabkan asma mereka semakin memburuk.

NSAID memblokir enzim tertentu yang meningkatkan produksi leukotrien, molekul yang menyebabkan otot-otot saluran udara bronchial mengerut.

BACA JUGAInilah 5 Fakta Mengejutkan Tentang Ejakulasi Dini Yang Wajib Diketahui Kaum Pria

Sayangnya, tidak ada cara untuk memprediksi sensitivitas NSAID sebelum hal itu terjadi. Tetapi jika Anda memiliki masalah ini, Anda bisa memilih acetaminophen (Tylenol) pada saat sakit kepala atau serangan nyeri punggung.

Itulah 5 fakta penting tentang asma yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *