5 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh Untuk Menghilangkan Ketombe

5 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh Untuk Menghilangkan Ketombe

Banyak orang yang merasa kesal dengan masalah ketombe dan mencari tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe.

Ketombe yang dikenal  dengan nama ilmiah Pityriasis capitis merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala.

Sebetulnya kalau pengelupasan sel-sel kulit yang mati jumlahnya sedikit maka hal tersebut merupakan kejadian yang alami. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya ketombe, diantaranya jenis rambut berminyak, kering, dan produk sampo yang tidak cocok.

Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas. Namun, daripada mencoba berbagai merek sampo yang dapat memperparah ketombe, sebaiknya Anda mencoba bahan-bahan alami.

Berikut ini beberapa bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Baking soda

Selama ini baking soda terkenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Tapi kini Anda bisa menggunakannya untuk membasmi ketombe.

Basahkan rambut Anda, kemudian ambil baking soda secukupnya dan gosokkan ke bagian kulit kepala. Setelah merata, segera bilas dengan air. Baking soda dapat menghilangkan jamur yang bisa menjadi penyebab ketombe.

2. Cuka apel

Asam dalam cuka apel akan mengubah pH kulit kepala Anda, sehingga membuat jamur sulit untuk tumbuh.

Campurkan seperempat cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air. Kemudian masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke kulit kepala Anda. Tutup rambut dengan handuk, dan biarkan selama 15 hingga 60 menit. Setelah itu bilas rambut dengan bersih. Anda bisa melakukannya dua kali seminggu.





3. Mouthwash

Mouthwash bukan hanya dapat Anda gunakan untuk membuat napas segar, tetapi juga untuk membasmi ketombe.

Pertama-tama keramaslah seperti biasa. Setelah itu berikan mouthwash di seluruh bagian rambut dan kulit kepala Anda. Kemudian bilas. Mouthwash juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

4. Minyak kelapa

Anda membutuhkan tiga hingga lima sendok makan minyak kelapa. Pijat kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak kelapa tersebut. Kemudian diamkan selama satu jam. Terakhir, keramaslah dengan menggunakan sampo seperti biasa.

BACA JUGA:

5. Garam

Ambil garam secukupnya, kemudian taburkan di atas kulit kepala Anda. Kemudian Anda bisa menggosok garam tersebut sambil memijat kulit kepala Anda. Setelah itu Anda bisa melanjutkannya dengan keramas menggunakan sampo. Garam efektif untuk mengangkat dan menghilangkan ketombe dan mencegahnya datang kembali.
Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *