4 Jenis Penyakit Tulang Yang Patut Anda Waspadai Dan Cara Mencegahnya

4 Jenis Penyakit Tulang Yang Patut Anda Waspadai Dan Cara Mencegahnya

Tulang yang terdapat pada tubuh manusia memiliki fungsi untuk penegak dan pembentuk tubuh. Oleh sebab itu, disarankan sejak usia dini, maka Anda harus menjaga kesehatan tulang.

Caranya mulai dari menjaga asupan kalsium, protein, hingga vitamin D untuk tulang di dalam tubuh. Selain itu, rutin berolahraga juga menjadi salah satu kegiatan yang menjaga kesehatan tulang.

Mengapa kesehatan tulang harus dijaga? Sebabnya, penyakit pada tulang akan datang secara diam-diam, tanpa diketauhi penderitanya. Dan jika sudah parah, barulah jenis penyakit tulang akan teridentifikasi.

Dan berikut ini adalah empat jenis penyakit tulang yang patut Anda waspadai beserta cara pencegahannya:

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah jenis penyakit tulang yang disebabkan oleh kepadatan tulang yang menurun, sehingga keropos dan mudah patah. Penyakit ini disebabkan karena kurangnya kalsium pada tulang.

Oleh karena itu, jagalah asupan kalsium untuk tubuh. Misalnya saja dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Konsumsi suplemen kalsium dipercaya mampu memperlambat laju pengereposan Tulang sekitar 30-50 persen. Asupan kalsium juga bisa didapat dari makanan alami seperti asparagus, kacang-kacangan, gandum, dan ikan salmon.

2. Kiposis

Kiposis adalah gangguan pada tulang belakang. Penyakit menyebabkan tulang belakang penderita melengkung ke depan sehingga tampak bongkok. Sama seperti pada Osteoporosis, penyakit ini dapat dicegah dengan rutin menjaga asupan kalsium seperti rutin minum susu.

Kemudian, melakukan kegiatan olahraga yang menarik atau menekan tulang misalnya saja Yoga. Sementara, sebelum terkena Kiposis, anak-anak sebaiknya tidak dibiasakan membawa tas yang berat, dan juga harus dibiasakan duduk tegak, baik di meja belajar rumah maupun di sekolah.

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M
3. Osteomalacia

Penyakit ini membuat tulang menjadi lunglai. Penyebabnya adalah kurangan vitamin D atau bisa disebabkan oleh metabolisme pada tubuh. Penyakit tulang Osteomalacia sama seperti osteoporosis yang berpotensi membuat tulang mudah keropos dan patah.

Oleh karena itu, untuk mencukupi asupan vitamin D, berjemur di bawah panas matahari pagi menjadi salah satu solusinya. Selain itu, kurangi konsumsi rokok dan minuman keras.

4. Ankilosis

Ankilosis adalah gangguan pada persendian yang membuat sendi tidak bisa digerakkan. Selain itu, bagian ujung-ujung antara tulang terasa bersatu. Salah satu cara mencegah jenis penyakit tulang ini adalah dengan rutin melakukan olahraga, terutama senam.

Sebabnya, dengan rutin melakukan senam semua persendian akan bergerak, sehingga perekat pada persendian menjadi tidak kaku. Bagi yang sudah terkena Ankilosis, ada baiknya melakukan beberapa terapi seperti pengobatan ultrasonic, Electromyographic Biofeedback, Pemijatan Gesekan, Perangsangan Saraf, Elektrik Transkutaneus, dan Latihan Peregangan.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *